Stroke pada anak-anak (stroke Pediatric)

Stroke pada anak-anak (stroke Pediatric)
Stroke pada anak-anak (stroke Pediatric)

Stroke dapat terjadi pada setiap titik dalam hidup seseorang, dari bayi sampai dewasa. Sebuah stroke disebabkan oleh gangguan aliran normal darah ke otak, baik oleh penyumbatan atau pecahnya di pembuluh darah. Ketika bagian dari otak tidak menerima aliran reguler dari darah yang membawa nutrisi penting dan oksigen, sel-sel otak mati, sehingga menyebabkan hilangnya fungsi otak.

Usia anak pada saat stroke membuat perbedaan dalam bagaimana dokter mengidentifikasi dan mengobati masalah. 
Stroke dapat terjadi dalam tiga kelompok usia yang berbeda ini:
  1. Fase prenatal, atau di dalam rahim.
  2. 28 hari pertama kehidupan, atau fase baru lahir.
  3. Dari tahun bayi hingga usia 18 tahun.
Daerah otak di mana stroke terjadi akan menentukan tingkat kerusakan dan efek setelah.
Anak-anak mungkin mengalami dua jenis stroke: Stroke hemoragik (pecah pembuluh darah), atau stroke iskemik (penyumbatan yang disebabkan oleh gumpalan darah).

Penyebab stroke pada anak-anak

Alasan mengapa stroke terjadi pada anak-anak bervariasi dan mencakup malformasi pembuluh darah dan penyakit langka.

Hemorrhagic stroke terjadi bila pembuluh darah pecah di otak. Jika dinding arteri lemah, darah dapat mengumpulkan di dinding menyebabkan ia balon (aneurisma). Jika tekanan membangun, aneurisma bisa pecah dan merusak otak baik dengan banjir di lokasi kebocoran atau kekurangan suplai darah di luar kebocoran.

Penyebab stroke hemoragik pada anak-anak meliputi:

  1. Malformasi arteri atau gangguan.
  2. Sebuah tumor otak.
  3. Dalam langka kasus, penyalahgunaan obat atau alkohol oleh ibu.
Stroke iskemik biasanya disebabkan oleh gumpalan darah di otak. Faktor risiko utama untuk stroke iskemik pada anak-anak meliputi:

Penyakit jantung. Ketika anak-anak lahir dengan cacat jantung (penyakit jantung bawaan), risiko mereka terserang stroke meningkat. Penyakit jantung, seperti penyakit jantung rematik, juga dapat diperoleh di kemudian masa kanak-kanak. Stroke biasanya tidak tanda pertama dari penyakit jantung. Seringkali penyakit jantung telah didiagnosis sebelum anak mengalami stroke.

Kelainan darah-pembekuan, juga dikenal sebagai gangguan prothrombotic, menyebabkan darah menebal dan bekuan lebih cepat. Gangguan ini dapat hadir pada saat lahir atau diperoleh di kemudian hari. Seorang anak dapat lahir dengan mutasi genetik yang membuat gumpalan darah lebih cepat. Stroke sering tanda pertama gangguan pembekuan darah. Beberapa penyakit, seperti meningitis, sepsis, diare, dehidrasi atau kekurangan zat besi, juga bisa menyebabkan kelainan pembekuan darah.
Arteri yang tidak teratur. Seorang anak dapat terkena stroke karena arteri di otak yang tidak teratur atau menyempit. Ini disebut arteriopati. Ketika anak-anak lahir dengan masalah ini, seringkali tidak terdeteksi sampai stroke terjadi. Anak-anak dengan arteri tidak teratur perlu dipantau ketat oleh tim klinik stroke mereka karena mereka berada pada risiko yang lebih tinggi mengalami stroke lainnya.
Faktor risiko lain. Anak-anak juga berisiko lebih tinggi mengalami stroke jika mereka memiliki faktor risiko berikut:

  • jantung atau otak operasi
  • penyakit sel sabit
  • penyakit autoimun yang menyerang arteri di otak
  • trauma pada otak atau leher
  • leukemia.
Beberapa kasus stroke oleh dokter pediatrik telah diketahui penyebabnya.

Diagnosis stroke pada anak-anak

Diagnosis cepat adalah penting untuk meminimalkan risiko kerusakan otak. Dokter mengandalkan mesin pencitraan dan tes lain untuk melihat apa yang terjadi di otak anak.

Computed tomography (CT) scan menggunakan sinar-X untuk mengambil gambar rinci daerah yang terkena otak. CT scan akan mengkonfirmasi apakah atau tidak anak telah memiliki stroke, jenis stroke itu dan di mana di otak itu terjadi.
Magnetic resonance imaging (MRI) menggunakan gelombang radio magnetik untuk membuat gambar otak. Ini memberikan detail visual lebih besar dari CT scan.
Arteriogram Cerebral menggunakan pewarna khusus disuntikkan ke dalam arteri otak dan sinar-X kemudian diambil.
Echocardiogram menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar dari jantung untuk melihat apakah ada masalah dengan katup jantung atau fungsi jantung lainnya yang mungkin menciptakan gumpalan darah.
Elektrokardiogram (ECG atau EKG) mengukur aktivitas listrik jantung dan masalah dengan denyut jantung atau irama.
Tes darah juga dapat diperintahkan untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki gangguan pembekuan darah.
Pungsi lumbal (juga dikenal sebagai spinal tap) dilakukan untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda infeksi atau peradangan pada sistem saraf.

Pengobatan untuk stroke pada anak-anak

Pengobatan untuk stroke hemoragik. Pengobatan berfokus pada menstabilkan anak (mengontrol tekanan darah dan suhu tubuh dan membantu mereka bernapas), dan mengobati perdarahan itu sendiri. Anak-anak yang telah mengalami stroke hemoragik akan tampak setelah oleh tim bedah saraf pembuluh darah. Pilihan bedah dapat mencakup mikro untuk klip aneurisma atau menghapus pembuluh abnormal.

Pengobatan untuk stroke iskemik. Tujuan pengobatan pada stroke iskemik adalah untuk mengurangi kerusakan otak dan mencegah stroke lain. Jika anak Anda telah didiagnosis dengan stroke iskemik, dokter kemungkinan besar akan meresepkan pengencer darah. Ini termasuk:

Warfarin, diberikan melalui mulut
Heparin, diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah
Heparin berat molekul, diberikan melalui suntikan di bawah kulit
Asam asetilsalisilat (AspirinTM atau ASA), diberikan melalui mulut
Clopidogrel, diberikan melalui mulut.


Setelah anak telah dirawat karena gejala stroke awal mereka, mereka akan dinilai untuk melihat bagaimana stroke dapat mempengaruhi mereka dalam jangka panjang. Tim kesehatan akan memantau refleks, gerakan mata, keterampilan berbicara, menelan dan fungsi tubuh lainnya. Tim juga dapat melakukan tes untuk mengetahui seberapa baik anak Anda lakukan dalam pengolahan dan bereaksi terhadap cahaya, gambar, suara, dan sentuhan.

Apa kemungkinan efek stroke?

Stroke dapat menyebabkan setelah efek pada anak-anak. Mereka termasuk:

Kelemahan pada satu sisi tubuh (hemiparesis)
Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh (hemiplegia)
Satu sisi mengabaikan, di mana anak mengabaikan pihak yang lemah (pengabaian sepihak)
Kesulitan dengan pidato dan bahasa (aphasia)
Kesulitan menelan (disfagia)
Masalah penglihatan (penurunan bidang visi atau persepsi)
Kehilangan kontrol dan suasana hati emosional perubahan
Masalah dengan memori, penilaian atau pemecahan masalah (perubahan kognitif)
Perilaku atau kepribadian perubahan

Efek fisik biasanya terjadi di sisi berlawanan dari tubuh dari mana stroke terjadi. Misalnya, anak-anak yang telah mengalami stroke yang mempengaruhi sisi kiri otak mereka mungkin memiliki kelemahan atau kelumpuhan di sisi kanan. Sisi kiri dari kontrol otak membaca, berbicara, berpikir dan matematika, sehingga keterampilan ini bisa terpengaruh.

Di sisi lain, anak-anak yang telah mengalami stroke yang mempengaruhi sisi kanan otak mereka, mungkin memiliki kelumpuhan atau kelemahan di sisi kiri mereka. Sisi kanan otak mengontrol keterampilan seperti mengancingkan baju atau mengikat tali sepatu, serta memori.

Pada anak-anak yang mengalami stroke, perubahan kemampuan fisik mungkin segera tampak, tetapi perubahan kognisi dan perilaku cenderung ditemukan dari waktu ke waktu. Seringkali anak-anak pulih lebih cepat daripada orang dewasa karena otak mereka masih berkembang. Ini disebut plastisitas. Jika anak-anak cukup muda ketika mereka memiliki stroke, sejauh mana defisit mereka mungkin tidak menjadi jelas sampai mereka lebih tua. Sebagai contoh, masalah membaca mungkin tidak akan ditemukan sampai anak Anda di kelas satu.

Stroke dapat meninggalkan Anda dan anak Anda merasa kewalahan, marah, depresi atau ketakutan, yang semuanya reaksi normal. Berbicara kepada tim kesehatan rumah sakit Anda tentang konseling pilihan untuk diri sendiri dan anak Anda.

Apa program rehabilitasi yang tersedia?

Rehabilitasi akan memungkinkan anak Anda untuk memulihkan fungsi fisik seperti berjalan atau membaca. Mendapatkan bantuan sesegera mungkin setelah stroke akan membantu. Anak-anak cenderung untuk mendapatkan kembali sebagian fungsi dalam enam bulan pertama. Mereka mungkin terus meningkatkan selama dua tahun atau lebih. Berbicara kepada tim kesehatan rumah sakit Anda tentang pilihan rehabilitasi.

Kunjungi Kanada Stroke Pediatric Association Support (CPSSA) untuk mencari dukungan, pendidikan dan sumber daya untuk anak-anak dengan stroke.

Kunjungi SickKids untuk mempelajari lebih lanjut tentang Stroke di Bayi, Anak Stroke: Arteri Stroke Iskemik (AIS) dan Anak Stroke: Cerebral Sinovenous Thrombosis (CSVT).

Baca A Family Guide to Stroke Pediatric untuk mempelajari lebih lanjut tentang stroke dan perawatan stroke untuk anak-anak. Panduan ini didasarkan pada Canadian Stroke Rekomendasi Praktik Terbaik untuk Perawatan Stroke (2010), penelitian saat ini dan pendapat ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar