Struktur dan Anatomi otak, Kenali dan Cegah Stroke

Struktur dan Anatomi otak
Struktur dan Anatomi otak, Kenali dan Cegah Stroke


Apa saja bagian yang berbeda dari otak?

Otak dibagi menjadi tiga wilayah, batang otak, otak kecil dan otak besar:

Batang Otak


Batang otak terletak di dasar otak dan terhubung ke bagian atas tulang belakang Anda. Ia memelihara fungsi tubuh penting seperti pernapasan, menelan, pencernaan, gerakan mata dan detak jantung Anda. Stroke pada batang otak sering fatal, tetapi ketika mereka tidak, mereka mempengaruhi banyak fungsi-fungsi ini.

Otak Kecil


Otak kecil terletak di bagian bawah otak, di bagian belakang kepala Anda. Hal ini melekat pada bagian belakang batang otak, dan tampak seperti otak miniatur. Ini membantu mengontrol beberapa tanggapan otomatis dan perilaku, gerakan sederhana seperti mengambil sebuah benda kecil, dan tugas yang lebih rumit seperti menyeimbangkan. Sebuah stroke pada bagian otak bisa menyebabkan kurangnya koordinasi, kecanggungan, gemetar atau gangguan gerakan lainnya.

Otak Besar

Juga dikenal sebagai "otak berpikir," otak besar adalah utama, besar bagian dari otak Anda. Di sinilah pemikiran dan otot kontrol terjadi. Otak besar terbuat dari dua bagian atau belahan. Masing-masing belahan dibagi menjadi bagian-bagian yang disebut lobus.

Biasanya, salah satu belahan ini sedikit lebih berkembang dan disebut sisi dominan. Sisi dominan adalah di mana tertulis dan bahasa lisan diatur. Dalam hampir semua dari kita, otak kiri dominan bahkan jika Anda tangan kanan. Karena sistem saraf diatur dalam desain cross-over, sisi kanan otak Anda mengontrol sisi kiri tubuh Anda, dan sebaliknya.

Belahan Otak kanan: Sisi kanan otak mengendalikan fungsi artistik seperti musik, kesadaran seni dan wawasan. Ini juga mengontrol kemampuan untuk memahami hubungan spasial, mengenali wajah dan fokus perhatian Anda pada sesuatu. Orang dengan stroke di sisi kanan mungkin memiliki masalah dengan fungsi-fungsi ini.

Belahan Otak kiri: Sisi kiri dari otak yang bertanggung jawab untuk fungsi ilmiah, seperti kemampuan untuk bekerja dengan angka dan penalaran. Hal ini juga sebagian besar bertanggung jawab untuk kemampuan untuk memahami bahasa lisan dan kata-kata tertulis.
Bagian Otak Belakang: Seluruh otak terdiri dari dua lapisan. Lapisan terluar disebut korteks serebral (materi abu-abu). Lapisan lain, yang disebut korteks secara mendalam keriput dan tiga dari lipatan terdalam digunakan untuk membagi belahan menjadi empat wilayah yang berbeda atau lobus.
Bagian Otak Depan(lobus frontal): Dalam setiap belahan, lobus frontal bertanggung jawab untuk gerakan (fungsi motorik), pengambilan keputusan dan kontrol eksekutif (seleksi dan koordinasi perilaku yang diarahkan pada tujuan). Sebuah stroke di sisi kanan lobus frontal akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk memindahkan sisi kiri tubuh Anda, dan sebaliknya. Kerusakan pada lobus frontal (biasanya pada otak kiri) dapat menyebabkan aphasia Broca dan Anda dapat menemukan kesulitan untuk berbicara dalam kalimat lengkap.

Lobus Parietalis: Dibalik lobus frontal terletak lobus parietal. Hal ini terutama berkaitan dengan kegiatan sensorik, seperti menerima dan menafsirkan informasi dari semua bagian tubuh, termasuk di mana tubuh Anda diposisikan dalam ruang fisik. Sebuah stroke yang mempengaruhi lobus parietal di belahan kanan dapat menyebabkan agnosia, yang berarti Anda dapat merasakan, melihat dan mendengar, tetapi mungkin tidak dapat memahami apa yang Anda mengamati. Dalam kasus lain, kondisi yang disebut kelalaian dapat mengembangkan, yang berarti Anda mungkin kurang sadar satu sisi tubuh Anda. Abaikan dapat merusak banyak keterampilan perawatan diri, seperti berpakaian dan mencuci.

Lobus temporal: Kontrol lobus temporal pendengaran dan memori dan juga terlibat dengan persepsi pendengaran. Stroke pada lobus temporal hemisfer dominan (biasanya sebelah kiri) dapat menyebabkan gangguan bicara yang dikenal sebagai aphasia Wernicke. Orang dengan aphasia Wernicke (aphasia fasih) dapat berbicara dalam kalimat panjang yang tidak memiliki arti, atau dengan kata-kata yang tidak perlu dan kata-kata yang dibuat-buat. Kenangan disimpan di bagian dalam dari lobus temporal. Kecuali kedua kiri dan kanan lobus yang rusak, kehilangan memori setelah stroke biasanya bersifat sementara.

Lobus oksipital: The lobus oksipital terletak di bagian belakang kepala dan bertanggung jawab untuk penglihatan. Sebuah stroke pada lobus oksipital di satu sisi dapat menyebabkan kehilangan penglihatan di sisi berlawanan. Meski mata berfungsi normal, otak tidak dapat memproses informasi dari mata itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar